• 081243382335
  • min1pohuwato@gmail.com

Civitas MIN 1 Pohuwato Terima Sosialisasi Bahaya Kanker dan Tumor dari YKKI

Civitas MIN 1 Pohuwato Terima Sosialisasi Bahaya Kanker dan Tumor dari YKKI

Gambar : Anggota YKKI, Liana di hadapan Civitas MIN 1 Pohuwato menjelaskan tentang bahaya Kanker dan Tumor

Civitas MIN 1 Pohuwato Terima Sosialisasi Bahaya Kanker dan Tumor dari YKKI

POHUWATO (min1pohuwato.sch.id) - Upaya melawan serta menghindari penyakit kanker dan tumor, Civitas MIN 1 Pohuwato mengikuti kegiatan sosialisasi yang diadakan oleh Yayasan Kesehatan Kanker Indonesia (YKKI) di ruang dewan guru, rabu (08/06/2022).

Melalui suratnya, YKKI menyampaikan bahwa tema penyuluhan tersebut adalah mengenali dan mendeteksi gejala awal penyakit kanker dan tumor dan juga cara menanggulangi dan menghindari penyakit kanker dan tumor.

Kepada pendidik dan tenaga kependidikan MIN 1 Pohuwato, narasumber dari YKKI Liana menyampaikan bahwa Kanker merupakan suatu perubahan sel normal menjadi tidak normal. Kanker bisa berawal dari tumor, terutama yaitu tumor ganas.

“Untuk mengetahui tumor itu jinak atau ganas, bisa kita deteksi dengan cara menekan benjolan, kalau masih bisa gerak dan tidak terasa sakit berarti termasuk tumor jinak, namun jika terasa nyeri dan sakit berarti termasuk tumor ganas (kanker)," Ungkap Liana mengawali pemaparannya.

"Beberapa penyebab kanker diantaranya yaitu genetik atau keturunan, kimia/fisika seperti asap, polusi dan radiasi, makanan dan minuman yang mengandung zat karsinogen seperti formalin, boraks serta pemanis dan pewarna makanan," terangnya

"Ada tips untuk mencegah terhindar dari kanker diantaranya yaitu dengan menerapkan pola makan yang sehat dan teratur, konsumsi makanan yang berserat tinggi, hindari makanan yang berlemak tinggi, hindari makanan yag mengandung zat karsinogen serta lakukan olah raga teratur," Ujar Liana.

Lebih lanjut Liana menambahkan Selain tips-tips tersebut, ada beberapa tanaman herbal yang telah diteliti dan dipercaya dapat mencegah maupun mengobati kanker, diantaranya yaitu daun sirsak, temu putih serta benalu teh.

"Menanam tanaman obat-obatan sangat penting. Tanaman obat-batan tidak hanya dibutuhkan untuk pengobatan tetapi juga dibutuhkan untuk pencegahan. Oleh karena itu, tanaman tersebut sangat penting untuk dimiliki oleh setiap orang," Tutupnya

Usai menyampaikan materi sosialisasi kanker dan tumor, Yayasan Kesehatan Kanker Indonesia melalui Liana menyampaikan terimakasih kepada Keluarga Besar MIN 1 Pohuwato khususnya Kepala MIN 1 Pohuwato yang telah memberikan izin dan menyediakan waktu sehingga kegiatan sosialisasi kanker dan tumor dapat dilaksanakan dengan baik.

Kontributor : Mustaghrak

Editor : Hamid

Sumber : MIN 1 Pohuwato

6 Komentar

Leave a Comment