• 081243382335
  • min1pohuwato@gmail.com

Dua Siswa MIN 1 Pohuwato Berhasil Melaju Ke Grand Final Kompetisi Robotik Madrasah

Dua Siswa MIN 1 Pohuwato Berhasil Melaju Ke Grand Final Kompetisi Robotik Madrasah

Gambar : Tim Robotik MIN 1 Pohuwato sedang menerima materi pembimbingan dari pendamping dan Pelatih Ofyan Nakoda.

Dua Siswa MIN 1 Pohuwato Berhasil Melaju Ke Grand Final Kompetisi Robotik Madrasah

POHUWATO (min1pohuwato.sch.id) - Siswa Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 1 Pohuwato lolos seleksi administrasi Kompetisi Robotik Madrasah tahun 2022 kategori robot inovasi dan berhak melaju ke Grand Final. Dalam perhelatan yang digelar oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kemenag RI ini  MIN 1 Pohuwato diwakili dua peserta didiknya, Muhammad Adipati Singowijoyo dan Zahra Wafiq A. Mole.

Sebelumnya, para peserta perwakilan setiap provinsi telah mengikuti seleksi administrasi, makalah dan video pada 28-29 Oktober 2022. Jumlah peserta yang mendaftar pada kompetisi ini berjumlah 594 tim yang terdiri dari Madrasah Ibtidaiyah (MI), Madrasah Tsanawiyah (MTs), dan Madrasah Aliyah (MA). Berdasarkan hasil seleksi, peserta asal MIN 1 Pohuwato dinyatakan masuk 30  besar dalam perlombaan tersebut.


Ada dua kategori dalam Kompetisi Robotik Madrasah. Pertama, Kategori Rancang Bangun Inovasi. Dalam kategori ini, siswa diminta menciptakan sebuah rancangan model teknologi yang berguna untuk meringankan kehidupan manusia (sesuai dengan tema yang ditentukan). Kedua, Kategori Mobile Robot. Dalam kategori ini, siswa diminta membuat program untuk mengendalikan robot mobil (mobile robot). Level pengendalian dan tantangan yang harus dilewati oleh peserta disesuaikan dengan jenjang pendidikannya (MI, MTs, dan MA).


Kepala Madrasah MIN 1 Pohwuato, Hatima Babunga menyampaikan apresiasi untuk kedua peserta asal MIN 1 Pohuwato ini. Ia menyampaikan,  ini merupakan awal bagi peserta asal Gorontalo khususnya tingkat MI untuk mencatatkan prestasi di tingkat nasional.

“Ini awal yang baik, siswa kita berhasil lolos seleksi administrasi dalam perlombaan robotik, namun prestasi ini jangan membuat para peserta cepat merasa puas karena kompetisi sebenarnya akan dihadapi pada pertengahan November mendatang,” kata Hatima.

Para pendaftar diseleksi berdasarkan persyaratan administrasi, kualitas makalah, dan kemampuan robot dalam menjalankan misi (melalui vidio yang dikirim). Seleksi dilakukan, selain karena kuota peserta yang terbatas, panitia dan juri juga menginginkan peserta dengan kualitas robot yang terbaik. Grand Final MRC akan berlangsung di GOR Universitas Negeri Yogyakarta, 22-23 November 2022. 

Menurut pendamping sekaligus pelatih tim robotik MIN 1 Pohuwato, Ofyan Nakoda MIN 1 Pohuwato merupakan satu-satunya tim robotik tingkat MI yang mewakili Provinsi Gorontalo. 

"Alhamdulillah, berkat doa dan kerja keras seluruh keluarga MIN 1 Pohuwato, kami tim robotik yang mengusung tema pembangunan madrasah berhasil lolos dalam Grand Final yang akan diadakan pertengahan november nanti. selain itu, kita patut bersyukur karena MIN 1 Pohuwato merupakan satu-satunya perwakilan Gorontalo dalam tingkat MI pada ajang robotik ini", Ungkap Ofyan.

Kontributor : Mustaghrak
Editor : Hamid
Sumber : MIN 1 Pohwuato

0 Komentar

Leave a Comment