• 081243382335
  • min1pohuwato@gmail.com

Kesehatan Peserta Didik MIN 1 Pohuwato Kembali di Periksa Tim Kesehatan Puskesmas Paguat

Kesehatan Peserta Didik  MIN 1 Pohuwato Kembali di Periksa Tim Kesehatan Puskesmas Paguat

Gambar : Salah satu peserrta didik kelas 1b, Arjun Sucipto Alulu, di periksa rongga mulut oleh petugas kesehatan Puskesmas Paguat, Dokter Samsurya.

Kesehatan Peserta Didik MIN 1 Pohuwato Kembali di Periksa Tim Kesehatan Puskesmas Paguat

POHUWATO (min1pohuwato.sch.id) – Upaya mendeteksi sejak dini kesehatan peserta didiknya, Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 1 Pohuwato terima penjaringan serta pemeriksaan kesehatan peserta didik dari Tim Kesehatan Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Kecamatan Paguat, selasa (22/11/2022), bertempat di ruang kelas 1A.

Petugas kesehatan Puskesmas Drg Samsurya, selaku penaggung jawab kegiatan mengatakan, bahwa pemeriksaan kesehatan anak sekolah merupakan kegiatan pemeriksaan kesehatan dasar yang bertujuan untuk mengetahui status kesehatan peserta didik. Hal ini sebagai salah satu upaya deteksi dini jika peserta didik memiliki masalah kesehatan.

“Kegiatan ini merupakan program rutin Puskesmas dalam memberikan pelayanan kesehatan bagi anak sekolah di wilayah kerja Puskesmas Paguat. Salah satu program kerjanya adalah pemeriksaan kesehatan yang meliputi : pemeriksaan Berat Badan (BB), Tinggi Badan (TB), pemeriksaan gigi, mulut, telinga dan kulit serta kuku,” Ungkapnya

“Awalnya, peserta didik-siswi terlihat sedikit cemas, namun setelah diberikan penjelasan mengenai pemeriksaan yang akan dilakukan, mereka mulai mengerti dan antusias. Pemeriksaan berkala ini meliputi beberapa rangkaian pemeriksaan. Meliputi tinggi badan, berat badan, pemeriksaan mulut, gigi, telinga dan kuku,” tambanya

Dalam momen ini, Kepala MIN 1 Pohuwato, yang di wakili oleh Koordinator Kesiswaan Muhammad Ilham menyampaikan bahwa pemeriksaan di MIN 1 Pohuwato dilaksanakan bergilir, dimulai dari kelas 1A dan  kelas 1B dengan jumlah peserta didik kurang lebih 45 orang.

“Pemeriksaan kesehatan berkala peserta didik di MIN 1 Pohuwato di khusukan untuk kelas 1, di mulai dari rombel 1A setelah itu rombel 1B. Salah satu item pemeriksaan adalah rongga mulut, peserta didik diminta untuk membuka mulut kemudian diperiksa apakah ada kelainan seperti gigi berlubang, gusi bengkak, dan lain sebagainya,” Tutur Ilham

“Tidak selesai sampai di situ pemeriksaan telinga juga tidak luput dari pemeriksaan berkala ini. Pemeriksaan telinga untuk menilai tajam pendengaran. Selain itu, dilakukan inspeksi pada liang telinga untuk melihat adanya serumen yang menutupnya,” ungkapnya

Setelah selesai semua pemeriksaan, para peserta didik diedukasi mengenai perilaku hidup bersih dan sehat : cuci tangan, membuang sampah, kebersihan diri dan olahraga.

Kegiatan ini diharapkan dapat menumbuhkan kesadaran peserta didik sejak dini tentang cara hidup bersih dan sehat yang dapat dimulai dari lingkungan sekolah dan dapat di terapkan di mana pun mereka berada," harapnya. (Hamid)

0 Komentar

Leave a Comment