• 081243382335
  • min1pohuwato@gmail.com

Pelaksanaan Simulasi ANBK 2022 di MIN 1 Pohuwato Berjalan Lancar dan Sukses

Pelaksanaan Simulasi ANBK 2022  di MIN 1 Pohuwato Berjalan Lancar dan Sukses

Gambar : Peserta didik MIN 1 Pohuwato sedang mengerjakan soal ANBK dengan seksama

Pelaksanaan Simulasi ANBK 2022 di MIN 1 Pohuwato Berjalan Lancar dan Sukses

POHUWATO (min1pohuwato.sch.id) - Dalam pelaksanaan simulasi Asessmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) yang dilaksanakan serentak oleh Pusat Asessmen dan Pembelajaran (Pusmemjar) Kementerian pendidikan dan Kebudayaan, 26 Peserta didik Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 1 Pohuwato turut serta mengikuti kegiatan tersebut, (05/10/2022) bertempat di Laboratorium Komputer MIN 1 Pohuwato. Pelaksanaan Simulasi ANBK berlangsung selama 2 hari yaitu rabu dan kamis, 05-06 Oktober 2022.

Kepala MIN 1 Pohuwato Hatima Babunga mengungkapkan Asessmen Nasional merupakan program Kementerian Pendidikan yang dibuat sebagai pengganti Ujian Nasional. Asesmen dilaksanakan guna mengukur kemampuan peserta didik baik literasi, numerik hingga karakter.

“Asessmen diselenggarakan untuk mengukur kemampuan peserta didik serta mengukur kemerataan kualitas pendidikan di setiap madrasah,” jelas Hatima.

Lanjut Hatima menambahkan, pelaksanaan ANBK merupakan hal yang baru bagi peserta didik, sehingga perlu diadakan simulasi. Dengan demikian  peserta didik terbiasa mengikuti proses pelaksanaan asesmen yang dilaksanakan berbasis komputer tersebut.

Sementara itu, Abdul Rauf salah seorang tenaga pendidik yang juga merupakan proktor ANBK di MIN 1 Pohuwato mengungkapkan dalam pelaksanaan simulasi ANBK di MIN 1 Pohuwato terjadi beberapa kendala seperti sulitnya peserta didik untuk mengakses aplikasi ANBK karena belum terbiasa menggunakan komputer. Namun secara keseluruhan pelaksanaan simulasi tetap berjalan.

“Semoga dalam pelaksanaan ANBK ke tahap selanjutnya tidak mengalami kendala berarti serta harapan saya pelaksanaan ANBK nantinya mendapat dukungan dari semua pihak terutama penyedia layanan jaringan internet sehingga pelaksanaan ANBK berjalan lancar,” tutupnya.

Kontributor : Mustaghrak
Editor : Hamid
Sumber : MIN 1 Pohuwato

4 Komentar

Leave a Comment